Ketahuilah Ini Perbedaan Freon R22 dengan Freon R410A

Dulu mungkin sering mendengar istilah CFC Atau chlorofluorocarbons, pengaruh yang ditimbulkannya bisa menipiskan lapisan ozon. Jasa service AC Jakarta Pusat sering mengawasi unit yang mengandung CFC karena tidak ramah lingkungan.

Seiring waktu yang terus berlalu, kini AC dilengkapi dengan refrigerant yang ramah lingkungan.  Refrigerant sendiri merupakan cairan yang digunakan untuk AC atau kulkas, fungsinya menyerap panas dan membuang panas ke atmosfir.

Perubahan frasa dari cair ke gas ketika menyerap panas dibantu oleh kompresor yang mengompresnya. Kini refrifegeran yang mengandung CFC sudah diganti oleh HCFC (hydrochlorofluorocarbon) yang dinilai lebih ramah lingkungan.

HCFC yang paling populer digunakan adalah jenis Freon R-22 dan R-410A, apa perbedaan dari keduanya?

Freon R22

Ini yang paling banyak digunakan dalam refrigerant, meski terbilang ramah lingkungan, sebenarnya hanya sedikit lebih baik dari CFC. Freon R22 mengandung klorin yang berbahaya juga bagi lingkungan.

Pemerintah Indonesia sendiri sempat mengeluarkan kebijakan untuk menghapus Freon R22. Bahkan melarang impor produk yang menggunakan Freon R22 sebagai bahan perusak ozone ini.

Jasa service AC sebenarnya masih menggunakan Freon R22 hingga pihak dealer dan toko stoknya habis. Bahkan masih bisa melakukan purna jual hingga tahun 2030, dimana tahun tersebut Freon R22 akan benar-benar dihapuskan.

Freon R410A

Freon lain yang diklaim lebih ramah lingkungan adalah Freon R410A. Freon ini bisa menghilangkan klorin dari refrigerant, dimana produsen menciptakan satu set pendingin lain yang disebut HFC (Hydro Fluro Carbons).

Meskipun pada dasarnya tetap memiliki potensi memberikan dampak buruk terhadap pemanasan global. Akan tetapi Freon yang satu ini tetap lebih baik dibandingkan HCFC karena tidak menguras lapisan ozone.

Bedanya dengan Freon R-22 adalah dalam hal potensi penipisan Ozone dan efisiensi energi yang digunakannya. Perlu diingat, Freon R410A masih menyebabkan pemanasan global, tidak separah Freon R-22.

Kemudian ada Freon yang dianggap lebih baik dari R410A yakni Freon R32 yang ditemukan oleh Daikin Jepang. Bahkan dalam produknya sudah diterapkan sejak 2013 lalu. Diteliti lebih lanjut, Freon R32 masih termasuk ke dalam HFC.

Demikian ulasan mengenai Freon R22 dan Freon R410A yang memiliki perbedaan. Pastikan juga kepada jasa service AC bahwa Freon yang digunakan agar ramah lingkungan ketika melakukan isi ulang Freon.